lkhnsda;lif;askldhvfa

Jumat, 27 Juli 2012

Tentang Buah Manggis

Buah Manggis yang terhasil dari Pokok Manggis merupakan sejenis buah yang boleh dimakan mentah. Buah Manggis memiliki kulit lembut yang tebal dan berwarna ungu pekat yang melindungi isinya yang bewarna putih dan boleh dimakan. Buah manggis dikenali sebagai "ratu segala buah" sementara buah durian (Durio spp.) dikenali sebagai "raja segala buah".

Buah manggis terkenal kerana sedap dan enak dimakan mentah. Buah manggis mempunyai kulit tebal yang tidak boleh dimakan dan mempunyai isi yang putih dan manis. Kulit manggis mempunyai pewarna/getah yang sukar hilang sekiranya terkena baju.

Buah manggis mempunyai kulit tebal yang tidak boleh dimakan dan mempunyai isi yang putih dan manis. Kulit manggis mempunyai pewarna/getah yang sukar hilang sekiranya terkena baju.

Kulit buah manggis agak keras dan dengan garispusat 4-6 cm. Buah manggis terdiri daripada isi warna putih yang berukur garispusat 3-5 cm. Bergantung kepada saiz dan masak, ia mungkin berbiji.

Rasa manggis boleh dibandingkan dengan strawberi putik dengan rasa-rasa manis limau. Buah manggis jarang dijual di negara Barat kecuali di kedai runcit Asia. Kulit manggis menghasilkan warna merah, dan amat sukar ditanggalkan.

Manggis dibuka dengan mengopek bukannya dipotong. Buah manggis dipegang dengan kedua belah tangan, ditekan perlahan-lahan sehingga kulitnya terbelah. Selepas itu, ia mudah untuk membuka dan mengambil isinya.

Hebatnya Buah Manggis:

Ratusan tahun lalu penduduk Indonesia sudah menggunakan air rebusan kulit manggis sebagai ramuan untuk mengobati luka, demam, diare, sariawan, sembelit serta penyakit-penyakit lainnya. Konon kabarnya tahun 1800-an Ratu Victoria dari Inggris sampai menawarkan hadiah uang yang sangat banyak kepada orang yang dapat membawakannya buah manggis, yang dianggap sebagai buah dalam dongeng. Mungkin karena itu Manggis kemudian populer dengan julukan ‘ratu buah’ (the queen of fruit).

Buah Manggis & Xamthone Sebagai Antioksidan Super:

Mengapa manggis memiliki kemampuan mengobati berbagai penyakit? Jawaban pertanyaan ini terjawab melalui penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu Xanthone, melebih beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin C dan E.

Xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosis. Penelitian di Tokyo, Jepang, menunjukkan Xanthone memiliki efek antibakteri yang menghambat pertumbuhan mircoorganisme seperti mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC) dan Staphylococcus aureus (penyeban infeksi dan gangguan pencernaan). Esktrak kulit manggis juga mampu mengobati artritis, asma, alzheimer, alergi, dispepsia (gangguan pencernaan), jerawat dan eksim. Dengan dipublikasikan kandungan Xanthone dalam kulit manggis, maka terkuaklah manfaat dan khasiat misteri di balik buah manggis.

WOOooww... benar-benar dasyat sekali ya buah manggis ini yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar